Posted by : The Pillars Sabtu, 21 September 2013


Mungkin beberapa ada yang sudah tahu apa itu vocaloid, tapi kali ini saya mau bahas sedikit tentang vocaloid dan perkembangannya. Dari yang awalnya hanya software voice blank hingga bisa jadi sebuah mahakarya.

Apa itu Vocaloid ?

Vocaloid (ボーカロイド?) adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diinginkan. Suara nyanyian diambil dari “pustaka suara” yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.

Yamaha tidak menjual Vocaloid secara terpisah, melainkan dibundel dengan pustaka suara produksi perusahaan pustaka suara yang mendapat lisensi Yamaha. Vocaloid berasal dari kata “vocal” dan “android”.
Perangkat lunak ini pertama kali dirilis Yamaha pada 26 Februari 2003. Teknik yang dipakai adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data “artikulasi nyanyian” yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi.

(Credit : Wikipedia)


Sampai Mana Berkembangnya ?

Program Vocaloid Sudah berkembang dan cukup banyak dinikmati apalagi di Jepang , awalnya Vocaloid itu hanya berupa Voice blank dan tidak ada gambaran siapa yang menyanyikan . Namun setelah Crypton , sebuah perusahaan yang juga menciptakan Vocaloid , mulai menggambarkan sebuah karakter pada Vocaloid mereka , yaitu Meiko dan Kaito. Jadi Crypton lah yang pertama kali mempelopori penggunaan karakter pada vocaloid.


( Kaito & Meiko )

Vocaloid 2 apa bedanya dengan Vocaloid ?

Vocaloid 2 adalah versi Upgrade dari Vocaloid pertama , dengan Interface yang beda jauh dan lebih detail dari yang pertama. Dan Character Vocal Series juga sudah dibuat disini dengan desain dari Kei.

( Hatsune Miku )

Character pertama dari Vocaloid 2 (yang menggunakan Character Vocal Series) adalah Hatsune Miku, dan merupakan character tersukses dari seri Vocaloid. Dengan suara yang tinggi (nampak seperti Vibrator) dan juga desain character Twintail Moe.


Apa Saja Character di Vocaloid 2 ?

Ada banyak sekali , tapi disini saya hanya akan menjelaskan yang terkenal saja.

  • Kagamine Rin & Len



Ini adalah Vocaloid 2 yang dirilis setelah Hatsune Miku Oleh Crypton. Desain yang unik dengan 2 anak kembar identik dan dengan suara yang khas seperti anak kecil, desain character ini cukup unik dengan Kagamine Rin sebagai perempuan yang egois dan manja , dan Kagamine Len yang sayang dengan kembaranya namun sangat terkesan Shota (Anak laki-laki yang mirip seperti perempuan) , banyak lagu-lagu kolaborasi mereka dan sangat populer dalam penggemar Vocaloid.


  • Kamui Gakupo



Kamui Gakupo adalah Vocaloid 2 yang dirilis oleh INTERNET Co.,Ltd dan powered oleh Yamaha . Banyak penggemar vocaloid yang berpendapat dialah Vocaloid yang memiliki nada suara enak didengar (lebih dari Kaito) , dan desain dia adalah seorang Samurai pada masa Jepang dulu , dialah yang menyaingi popularitas Kaito (karena Kaito awalnya satu-satunya character laki-laki dewasa)


  • Megurine Luka


Vocaloid 2 ke 3 yang diciptakan oleh Crypton. Dia adalah Vocaloid yang paling enak didengarkan jika menggunakan lagu English dan dia adalah Character Vocaloid paling dewasa. Suaranya yang mature dan kesan yang seksi membuat para fans lebih suka memakai Voicenya untuk lagu dengan nada English. Dia dicouple kan dengan Kamui Gakupo dan menjadi suara yang paling bagus untuk musik jenis Jazz.

Itu tadi info singkat tentang vocaloid, semoga bisa sedikit menambah pengetahuan kita.



sumber : klik disini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Pillars - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -